Movie Review: The Harvest

Sebelumnya, gue sama sekali belum pernah denger tentang film ini, gue nemu film ini waktu lagi iseng nge-browse horror section-nya torrent. Btw, gue tonton film ini tanpa cek rating di IMDB atau Rotten Tomatoes even tough my friend keep telling me to stop doing that, because it’s gonna wasted my time to watch a crappy movie – I can’t help it haha. I did that so I can get the element of surprise dan bisa bikin review benar-benar dari sudut pandang gue. Jujur, film ini nggak ada “the element of wah” nya sama sekali. Here’s my review and there’s gonna be spoiler all over

The character :
Katherine : Surgeon/Mom
Richard : Nurse/Dad
Andy : The boy in wheelchair
Maryann : The girl next door

1. The Opening (00:00:20 – 00:02:18)

image

 

image

Film ini dibuka dengan pertandingan baseball tingkat junior dan tiba-tiba ada adegan dimana pemain memukul bola dan mengenai tepat bagian dada dari pitcher. Si pitcher langsung terkapar pingsan dan dibawa kerumah sakit untuk segera dioperasi. Apparently he’s going to be just fine after the surgery.

2. The boy in wheelchair (00:03:40 – 00:05:15)

image

Meet Andy, pesakitan yang menjadi kunci di film ini. Andy mempunyai ladang jagung di luar kamarnya, dan sejak dia terlalu lemah untuk bisa keluar rumah, ia hanya memandangi ladang jagung dari kamarnya. Pada menit ini, gue berpikiran kalau judul The Harvest adalah tentang ladang jagung miliknya dan hanya bisa menerka ada misteri apa dengan ladang jagung tersebut.

3. The girl next door (00:08:00 – 00:09:37)

image

Seperti yang sudah terlalu banyak film pakai, The Harvest juga mempunyai satu karakter perempuan yang terpaksa pindah dari kota asalnya untuk tinggal bersama kakek dan neneknya di kota terpencil karena kedua orang tuanya sudah meninggal. Dan yang gue tangkap dari berbagai macam film dengan storyline ini, pindah dari kota asal ke kota yang baru adalah sumber dari semua kejadian apes yang bakal dialami.

4. Gosh, I’m Bored (00:30:00)
Di menit ke 30, gue masih belum dapet sensasi horror dari film ini. Gue mulai curiga kalau film ini sebenernya adalah film drama macam The Fault In Our Star. Tapi di menit ke 31 rasa penasaran gue mulai terbangun. Adegan Maryann datang berkunjung kerumah Andy dan langsung ditolak mentah-mentah oleh ibunya membuat gue membayangkan, apa yang sedang ia sembunyikan?

image

Kegigihan Maryann patut diacungi jempol karena hari gini, jarang ada perempuan yang mau bela-belain datang kerumah laki-laki, karena biasanya selalu perempuan yang nunggu disamperin dirumahnya.

5. Finally, some related-twist scene (00:50:26)
Butuh waktu 50 menit untuk munculin scene yang akhirnya menimbulkan tanda tanya buat penontonnya. Ini adalah durasi terlama buat sebuah film bergenre horror/thriller. Gimana ngga, 50 menit kebelakang hanya ada drama yang membosankan, sedangkan biasanya film horror/thriller lain sudah menunjukkan identitas genre-nya di awal film.

image

Anyway, di scene ini Maryann terjebak di dalam rumah Andy karena saat Katherine datang, Maryann tidak punya waktu untuk meninggalkan rumah Andy. Maryann pun turun ke basement untuk bersembunyi dan mencari jalan keluar lainnya, namun bukan jalan keluar yang ia temukan, melainkan seorang anak laki-laki yang terbaring lemah di sebuah ruangan di basement yang sama persis dengan kamar rumah sakit. “Who the hell is the another boy?”, itu yang ada di otak gue. Sebenarnya, udah bisa kebaca dia itu siapa dari hasil x-ray yang dilihat Maryann. Tapi gue masih berharap kalau tebakan gue itu salah dan film ini punya twist yang lebih bagus.

image

 

image

Mungkin film ini mau membuktikan kalau The Harvest beda dari film horror/thriller yang lain, tapi seringkali expectation leading you to disappointment.

6. The Tense Scene (01:12:12)

image

 

image

Mulai masuk ke adegan tegang-tegangan, bukan karena scenenya tapi karena backsound-nya. Maryann memutuskan untuk mencari tahu siapa nama-nama yang tercantum di hasil x-ray tersebut dan kembali kerumah Andy di malam hari hanya untuk menemukan fakta bahwa orang tua Andy akan (atau telah) melakukan operasi cangkok hati.

image

7. The Reveal (01:17:12)

image

Maryann berusaha memberi tahu Andy apa yang sebenarnya terjadi di rumah itu dan ada anak laki-laki lain yang sedang tak sadarkan diri di basement rumahnya. Awalnya, Andy tidak percaya dengan apa yang dikatakan oleh Maryann, namun akhirnya dia memutuskan untuk memeriksanya sendiri.

image

Tindakan Andy ini harus ketahuan oleh kedua orangtuanya dan saat Andy menanyakan kepada Katherine, siapa anak laki-laki itu, Katherine menjawab bahwa itu adalah anaknya. Andy pun mengetahui bahwa sebenarnya ia bukanlah Andy. Andy adalah nama anak laki-laki di basement, dan Andy sebenarnya adalah Jason.

image

8. The Conclusion

image

So, let me get this straight for you. Katherine dan Richard mempunyai seorang anak bernama Andy yang memiliki kelainan jantung dari bayi. Mereka kemudian menculik Jason dari rumah sakit untuk dijadikan donor jantung buat Andy. Pasangan ini juga sengaja membuat Jason lemah dengan cara menyuntikkan obat yang alih-alih membuat Jason lebih kuat, namun malah membuat Jason semakin lemah. Richard yang sudah menyerah dengan keadaan, memutuskan untuk mengakhiri semuanya. Mengakhiri hidupnya dan Andy.

image

Sedangkan Jason berhasil selamat dengan bantuan Maryann. Katherine? Tentu saja dia ikut meninggal bersama Richard dan Andy, karena tidak dapat menyelamatkan diri dari api.

image

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: